Senin, 31 Mei 2010

SDLC

4.3 Systems Development Life Cycle (SDLC)

 
SDLC berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan langkah-langkah 
dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam tiga kegiatan 
utama, yaitu  :
a. Analysis
b. Design
c. Implementation
Setiap kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan 
hasil kegiatannya (deliverable).
Apabila kegiatan utama tersebut dijabarkan ke dalam langkah-langkah yang 
lebih rinci dapat digambarkan seperti berikut : 
 
+---------------------------------------------------------------------+
:         ANALYSIS        :       DESIGN         :  IMPLEMENTATION    :
+---------------------------------------------------------------------+
                          :                      :
     +---------------+    :                      :
 +-->:     Problem   :    :                      :
 |   :    Detection  :    :                      :
 |   +---------------+  +-----------+          +-----------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 |   :    Initial    :  | : :    Output     :  | : : Programming / :
 |   : Investigation :  | : :               :  | : :     test      :
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 |   :  Requirements :  | : :     Input     :  | : :  Training /   :
 |   :    Analysis   :  | : :               :  | : :    Other      :
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
     +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
     : Generation of :  | : :     Files     :--+ : :    System     :
     : Alternatives  :  | : :               :    : :  Change Over  :
     +---------------+  | : +---------------+    : +---------------+
             |          | :                      :
     +---------------+  | :                      :
     : Selection of  :--+ :                      :
     : Proper System :    :                      :
     +---------------+    :                      :
 
Gambar 4.3 : Stages of Problem Solving Systems Development Life Cycle (SDLC)
 
ANALYSIS
Dalam tahap analisis ini, digunakan oleh analis sistem untuk :
a. Membuat keputusan apabila sistem saat ini mempunyai masalah atau sudah 
   tidak berfungsi secara baik dan hasil analisisnya digunakan sebagai dasar 
   untuk memperbaiki sistem
b. Mengetahui ruang lingkup pekerjaannya yang akan ditanganinya.  
c. Memahami sistem yang sedang berjalan saat ini
d. Mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya
 
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap analisis ini adalah :
 
1. Problem detection
   a. Tujuan   :  Mendeteksi sistem, apabila sistem saat ini semakin 
                   berkurang manfaatnya (memburuk).
   b. Hasil    :  Laporan pendahuluan tentang permasalahan yang terjadi 
                   dalam sistem.
 
2. Initial investigation
   a. Tujuan   :  Memerikan sistem saat ini dengan penekanan pada daerah-
                   daerah yang menimbulkan permasalahan.
   b. Hasil    :  Penjelasan sistem saat ini. 
 
3. Requirement analysis (determination of ideal systems)
   a. Tujuan   :  Mendapatkan konsensus dari komunitas pemakai dari sistem 
                   informasi yang ideal. Sebuah penggantian sistem akan 
                   menimbulkan jarak antara sistem saat ini dengan sistem 
                   yang ideal (yang mengacu ke komputerisasi).
   b. Hasil    :  Penjelasan kebutuhan analisis terhadap sistem.
 
4. Generation of system alternatives
   a. Tujuan   :  Menggali (explore) perbedaan dari alternatif sistem dalam 
                   mengurangi jarak (gap) antara sistem saat ini dengan 
                   sistem idealnya.
b. Hasil       :  Dokumen-dokumen tentang alternatif sistem yang akan 
                   digunakan untuk memperbaiki sistem.
 
5. Selection of proper system
a. Tujuan      :  Membandingkan alternatif-alernatif sistem dengan 
                   menggunakan metodologi terstruktur, memilih alternatif 
                   sistem yang paling baik, dan menjualnya (sell) kepada 
                   management.
b. Hasil       :  Hasil-hasil dari studi sistem.
 
DESIGN
Dalam tahap perancangan (desgin) memiliki tujuan, yaitu untuk :
a. Mendesain sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang 
   dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang 
   terbaik.
 
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perancangan ini adalah :
 
6. Output design
   a. Tujuan   :  Memerikan bentuk-bentuk laporan sistem dan dokumennya.
   b. Hasil    :  Bentuk (forms) dari dokumentasi keluaran (output).
 
7. Input design
   a. Tujuan   :  Memerikan bentuk-bentuk masukan didokumen dan dilayar ke 
                   sistem informasi.
   b. Hasil    :  Bentuk (forms) dari dokumentasi masukan (input).
 
8. File design
   a. Tujuan   :  Memerikan bentuk-bentuk file-file yang dibutuhkan dalam 
                   sistem informasi.
   b. Hasil    :  Bentuk (forms) dari dokumentasi file.
 
IMPLEMENTATION 
Dalam tahap implementasi memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk :
a. Melakukan kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam kegiatan yang 
   sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya.
b. Mengimplementasikan sistem yang baru.
c. Menjamin bahwa sistem yang baru dapat berjalan secara optimal.
 
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap implementasi ini adalah :
 
9. Programming & testing 
   a. Tujuan   : Mengkonversikan perancangan logikal ke dalam kegiatan 
                  operasi coding dengan menggunakan bahasa pemograman 
                  tertentu, dan mengetest semua program serta memastikan 
                  semua fungsi / modul program dapat berjalan secara benar.
   b. Hasil    : Coding program dan spesifikasi program.
 
10.Training
   a. Tujuan   : Memimpin (conduct) pelatihan dalam menggunakan sistem, 
                  persiapan lokasi latihan dan tugas-tugas lain yang 
                  berhubungan denganp pelatihan (buku-buku panduan sistem).
   b. Hasil    : Rencana pelatihan sistem, modul-modul katihan dan 
                  sebagainya.
 
11. System changeover
    a. Tujuan  : Merubah pemakaian sistem lama ke sistem bari dari sistem 
                  informasi yang berhasil dibangun.Perubahan sistem merupakan tanggungjawab team designer ke pemakai siste (user organization).
    b. Hasil   :  Rencana (jadwal dan metode) perubahan sistem (contract).




http://kuliah.dinus.ac.id/ika/asi4.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar